Jokowi Sindir Gubernur yang Kerja Dibalik Meja Saja

By Admin


nusakini.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik kepala daerah tingkat provinsi di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/5/2016). Pengangkatan definitif tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34 P Tahun 2016 yang ditandatangani pada 15 April lalu.

Dalam amanatnya kepada para kepala daerah ini, Jokowi mengatakan, gubernur merupakan wakil dari pemerintah pusat, dan juga ujung tombak ke daerah. Maka, mereka juga harus menjabarkan program prioritas nasional yang tertuang dalam nawacitanya. 

“Jadi gubernur harus menjadi simpul kordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah tingkat kabupaten/kota,” kata Jokowi saat memberikan sambutannya. 

Presiden juga meminta gubernur lebih dekat dengan rakyatnya. Jangan hanya kerja di balik meja, namun sekali-kali harus turun ke menyapa dan melihat kondisi warga. Ia juga berpesan agar kepala daerah meningkatkan inovasi pelayanan publik sehingga ada kehadiran pemerintah. 

“Kerjalah yang baik dan amanah,” tutup Presiden Jokowi. 

Para kepala daerah yang dilantik adalah: 

-Tengku Erry Nuradi sebagai Gubernur Sumatra Utara. 

- Arsyadjuliandi Rachman sebagai Gubernur Riau. 

- Nurdin Basirun Gubernur Kepulauan Riau. 

- Sugianto Sabran Gubernur Kalimantan Tengah 

- Sri Paduka Paku Alam X Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Upacara pelantikan di Istana Negara dilakukan dengan membaca sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.(if/mk)